Menjadi Kepribadian Yang Jujur Itu Sangat Penting

Kenapa jujur itu penting? Kejujuran adalah karakter yang amat sangat penting dalam sebuah kehidupan karena dengan kejujuran insyallah hidup kita akan bahagia dan sukses. Namun, tidak sedikit orang di luar sana atau bahkan teman kita sendiri yang mengkhianati kita ya, gara-gara sepeser uang.

Sejak kecil kita sudah dilatih untuk bersikap jujur. Orang tua kita selalu mengajarkan kita untuk selalu jujur, namun karena lingkungan pola pikir kita terkontaminasi dan akhirnya kita sering ikut-ikutan dan akhirnya bersikap tidak jujur.

Jika kita ingin sukses, maka kunci utamanya adalah ”Jujur” setelah itu barulah perusahaan mana saja akan percaya dengan kita. Coba bayangkan dengan hal kecil saja kita tidak jujur bagaimana dengan hal besar?  Menjaga amanah dari orang lain memang tidaklah mudah oleh karena itu jangan sekali-kali kita mendustai orang yang mempercayai kita.

Bagaimana cara menanamkan sifat jujur?  Sifat jujur ini harus dimulai sejak dini dan harus dilatih. Jika sudah terlanjur cobalah untuk jujur kepada diri sendiri dan selalu menjaga kejujuran tersebut. Misalkan Anda harus bangun pagi dan sudah berniat dari malam hari, ya itu harus dilakukan dan dilatih karena kejujuran itu dimulai dari diri sendiri dan dari hal kecil.

Jika Anda berjanji untuk adatang ke rumah teman, namun terlambat maka secepat mungkin menghubunginya karena itu adalah sebuah janji dan kepercayaan. Jika Orang itu sudah kecewa maka Anda bisa saja tidak dipercaya. Namun, jika Anda jujur akan terlambat meskipun menghubunginya melalui pesan singkat, bisa jadi teman Anda tidak kecewa dan mempercayai Anda di kemudian hari.

Bagaimana cara mengetes kejujuran seorang teman? Nah, ini yang paling penting yang harua kita ketahui. Apa lagi bagi Anda yang selalu berbaur dengan teman-teman baru tentu harus selektif mencari teman yang jujur dan bisa dipercaya? Untuk menguji kejujuran teman sangatlah mudah Anda dapat meletakan uang di meja dan jika uang itu hilang maka, teman Anda tidak jujur namun, jika uang itu tetap ada di meja dan dia bilang kepada Anda ”Eh, ini uang siapa”. Maka insyalah dia jujur. Akan tetapi tes beberapa kali terutama ketika Anda tau bahwa dia tidak ada uang. Apakah uang Anda hilang? Jika hilang diambilnya, namun dia bilang ”Eh, tadi saya pakai uang diatas meja untuk beli mie. Karena gak ada uang lagi nih”. Bisa jadi dia jujur dan menjadi teman baik.

Intinya jujur itu penting! Menjadi kepribadian yang jujur itu sangat wajib. Jika Anda adalah orang yang kurang jujur dan ingin menjadi orang jujur, maka mulai dari sekarang harus berubah dan menjadi orang yang terbaik dan terutama jujur pada diri sendiri terlebih jujur kepada tuhan dan orang lain.