Cara Menggunakan Ahrefs Untuk Mencari Backlinks

Baiklah karena sudah lama sekali tidak aktif dan posting di blog ini karena sibuk mengurus banyak blog, maka akan saya share sedikit info mengenai cara menggunakan ahrefs untuk mencari backlinks. Banyak yang bilang bahwa backlinks itu sudah RIP? Nyatanya backlink masih sangat berpengaruh untuk meningkatkan kekuatan sebuah webiste.

Kenapa backlink sangat penting dan tidak mati? Ya, bukan rahasia lagi bahwa backlink itu dijadikan bisnis dan baru-baru ini google.com/addurl sudah dihapuskan dan index Google cukup lama bisa mencapai 1-3 hari bahkan lebih dari itu. Untuk mendapatkan index Google dengan cepat, mungkin akan saya bahas di artikel lainnya.

Mungkin untuk Anda yang sudah lama terjun di dunia Digital dan SEO pasti tau salah satu tool yang bagus? Ya, salah satunya adalah ahrefs. Secara pribadi saya menggunakan ahrefs sudah cukup lama dan saya lebih senang menggunakan tool ini ketimbang tool lainnya, karena lebih mudah dan UX.

Bicara mengenai backlink tentu Anda ingin mendapatkan backlink yang berkualitas bukan? Ya, secara pribadi saya juga ingin! Namun, untuk mencari bacnklink secara otomatis dengan menggunakan GSA SER Itu bukan pilihan terbaik lagi. Karena semenjak updatenya Google Panda. Banyak traffik website pada gugur, bahkan website besar pun pada kehilangan trafik.

Solusinya adalah dengan main aman dan mencari backlink yang berkualitas. Secara pribadi saya tidak menganjurkan menggunakan GSA UNTUK MONEY SITE. Kenapa? Karena itu sangat beresiko.

Cara Menggunakan Ahrefs Untuk Mencari Backlinks

 

  • Silakan berlangganan atau coba trial ahrefs.com….

Saya suka trial saja tiap minggu ganti email dan payment di paypal diĀ cancel …

Gak capek ganti email terus kan buat gmail susah? Saya ada banyak gmail buatnya pakai verifikasi mengguankan SMS online. 1 Gmail bisa 0.20 – $1 memang agak mahal. Gmail hanya bisa terverifikasi menggunakan kartu telkomsel (Menurut pengalaman pribadi) selain itu saya kurang tau karena pernah pakai Indosat, XL gak bisa?

  • Cari pesaing sesuai niche Anda

Disini misalkan Anda sedang membuat blog mengenai kesehatan, maka keikan kata kunci di Google sesuai dengan tema Anda. Misalalkan saya cari ”cara menghilangkan jerawat yang ampuh” Kemudain buka slaah satu artikel tersebut dan masukan ke kolom ahrefs.com

cara menghilangkan jerawat yang ampuh
cara menghilangkan jerawat yang ampuh

Anda bisa melihat dan meriset organic keywords nya atau juga bisa mengintip backlink tersebut dan menanam di tempat yg sama.

Silakan click Referring domains!

Pada menu di sebelah kanan. Silakan click Backlinks

Overview
Backlink profile
Backlinks
New
Lost
Broken

 

Kemdian buka, satu persatu link diatas…. Dan lihat disana mereka menanam backlinks!!

Misalkan saya buka tab ini : http://journals.gonzaga.edu/index.php/gulawreview/comment/view/83/7258/17443

Apa yang terjadi??? Disana ada backlink!! Dan anda mulai mencari cara bagaimana menanam backlink serupa? Ingat! Semakin sulit backlink yang didapat, semakin kuat pula backlink tersebut. Ada beberapa point yang harus Anda perhatikan ketika menanam backlink yang pertama anchor text kemudaian kualitas backlink tersbeut perhatikan DR/UR dan yang paling pertama adalah DR (Domain Rating 1-100) semakin tinggi semakin baik dan UR juga…

Selanjutnya pastikan Anda membuat konten yang berkualitas dan informative. Buatlah artikel 1000-2000 kata karena semakin panjang semakin bagus dan sesuai SEO. Konten gak perlu banyak asalkan berkualitas. Coba lihat artikel yg sedang kita riset ini cukup panjang? Coba lihat ada berapa banyak organic keyword yang masuk? Ada sekita 1,2k organic keyword yang menghantarkan sekitar hampir 16k visitor? Tentu ini yang paling diharapkan karena kita gak perlu buat banyak konten dan 1 konten berkualitasĀ  itu lebih baik dari pada 1000 konen yang isinya gak jels.

Untuk backlink sebaiknya di page artikel dan untuk home page gunakan web.2.0 profile dan website profile aja bisa 100-200 backlinks. Untuk page silakan lihat aja backlink pesaing…