Pengalaman Pergi Ke Temajuk Sambas Ekor Borneo

Pengalaman adalah guru yang paling beharga, gitu kira-kira kata pepatah. Temajuk adalah desa kecil dari kecamatan Paloh, Sambas, Kalimantan Barat. Nama temajuk mulai terkenal sejak berapa tahun terakhir ini dimana temajuk mulai banyak dikunjungi oleh para turis dari berbagai daerah.

Keindahan pulau temajuk ini tak lepas dari jarak nya yang sangat jauh karena temajuk ini adalah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia yang terletak di Kalimantan Barat. Jika sejenak melihat posisi melalui GPS, posis kita memang benar-benar real di ujung pulau Borneo.

Untuk pergi kesana bukan hal yang mudah, namun sekarang ini akses jalan sudah bagus dan licin. Dulu diawal sebelum dibangun nya jalan dan jembatan jalan yang pernah kami tempuh sekita 5 tahun silam memang sangat suram.

Setelah kemaren saya pergi dan melihat pembangunan dan saya merasa seperti mimpi karena keindahannya yang snagat luar biasa.

GPS Temajuk Sambas
GPS Temajuk Sambas

 

Menuju perjalanan saya lupa mengaktifkan GPS dan sudah mau jauh pulang saya baru melihat dan mencoba menangkap layar dan ternyata benar-benar saya berada di ujung ekor kalimantan. Jika teman-teman nanti pergi ke temajuk, mungkin boleh mencoba GPS. GPS ini ternyata berfungsi jika tidak terhubung dengan Internet (offline).

Jika teman-teman ingin melihat gambar nya silakan click saja gallery diatas.

Kami awalnya pergi melalui paloh dan balik melalui sungai bening, menuju aruk. Aurk ini adalah tempat yang cukup banyak diminati oleh orang. Saya pribadi juga tidak tau, yang jelas aruk ini adalah border menuju malaysia. Jadi teman-teman ingin pergi ke malaysia dapat melalui aruk ini.

Untuk jalan sangat bagus sekali 100% aspal, walau pun belum semuanya namun yang kami lihat itu memang jalannya bagus.

 

Saya juga sempat mengabadikan beberapa moment di resort yang kami inapi selama semalam. Disana sudah ada resort yang cukup bagus dan dekat sekali dengan pantai. Namun untuk listrik hanya beroprasi mulai jam 17:00 hingga 5:00 pagi. Untuk sinyal memang tidak ada dan kalau pun ada agak susah, apa lagi internet. Tapi, Anda dapat pegi ke pasar temajuk pada malam hari disana ada akses internet wifi dengan harga 10 ribu kalau tidak salah dan ada juga nonton bareng.

Menurut saja, walaupun di ujung borneo, namun perhatian pemerintah cukup baik dan untuk negara malaysia yang pernah saya lihat mereka menggunakan PLTS . Anda dapat masuk ke Malyasia melalui teluk melanau hanya dengan memberian TKP atau Identitas kepada Tentara penjaga.

Disana dijaga ketat oleh 2 bagian, tapi mereka sangat menghargai tamu dan jika teman-teman ingin ke sana, mungkin harus lapor dulu.

 

Salah satu spot yang menjadi daya tarik pengunjung adalah rumah terbalik. Rumah terbalik ini saya kira hanya rumah nya saja terbalik, namun setelah masuk saya kaget semuanya juga terbalik termasuk Tv,  Ac, peralatan dapur, meja, kursi dan perlengkapan lainnya. Jika Anda berkunjung ke temajuk saya sangat merekomendasikan rumah terbaik ini sebagai tempat foto-foto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *